Catat: Lima Laut Indonesia yang Instagenic, Aduhai Indahnya

Republik Indonesia bukan hanya sekadar negara kepulauan tetapi sekaligus negara maritim dengan perairan yang penuh dengan keindahan untuk dinikmati. Berikut ini, lima laut Indonesia yang paling aduhai dan instagenic.

Derawan

Catat: Lima Laut Indonesia yang Instagenic, Aduhai Indahnya

Kepulauan Derawan di sebelah timur pulau Kalimantan terkenal sebagai ibukota penyu karena begitu mudahnya untuk menemukan penyu tanpa harus menyelam. Selain penyu, tempat ini juga mudah menemukan Manta Ray dan satu lagi yang paling terkenal adalah danau ubur-ubur yang sudah ber-evolusi sehingga tanpa racun/sengat. Terdapat empat pulau utama di kepulauan ini yaitu Pulau Derawan sendiri, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Sangalaki. Untuk trip ke sini, terdapat tour operator yang sangat direkomendasikan oleh traveler yaitu Kakaban Trip.

Wakatobi

Catat: Lima Laut Indonesia yang Instagenic, Aduhai Indahnya

Wakatobi dulunya terkenal sebagai kepulauan Tukang Besi, lalu kemudian dibuat nama baru Wakatobi sebagai singkatan dari pulau-pulau besarnya yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Ada satu pulau lagi yang terkenal untuk dikunjungi yaitu Pulau Hoga. Di bawah laut Wakatobi terdapat terumbu karang yang warna-warni dan masih alami sehingga sangat menarik untuk wisata menyelam.

Bunaken

Bunaken di Sulawesi Utara sudah lama terkenal sebagai tujuan wisata menyelam. Namun lautnya yang begitu bening membuat warna-warni terumbu karang dapat dinikmati juga tanpa harus menyelam, cukup dengan snorkeling atau bahkan dari atas perahu.

Raja Ampat

Catat: Lima Laut Indonesia yang Instagenic, Aduhai Indahnya

Kepulauan Raja Ampat terletak di bagian kepala burung di Papua. Sesuai dengan namanya, di kepulauan ini juga terdapat empat pulau utama yaitu Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo. Perairan Raja Ampat sangat kaya dengan keanekaragaman hayati bawah laut yang terutama didukung oleh lokasi geografisnya di antara Samudera Hindia dan Pasifik.

Keindahan Raja Ampat bukan hanya di bawah laut tapi juga pemandangan di atas permukaan sangat instagenic. Di pulau Wayag misalnya, kita dapat menikmati panorama menakjubkan berupa formasi pulau-pulau karang yang menjulang tinggi dari permukaan air laut yang hijau kebiruan.

Baca Juga:  Tempat Favorit untuk berfoto di Kuala Lumpur, Malaysia

Komodo

Catat: Lima Laut Indonesia yang Instagenic, Aduhai Indahnya

Pulaunya keren, pantainya indah, dan lautnya luar biasa. Itulah pesona Pulau Komodo dan sekitarnya, selain tentang satwa langka Komodo yang menghuni pulau ini. Bayangkan, di sini ada pantai dengan pasir berwarna merah jambu (pink).

Menikmati laut pulau komodo tidak harus dengan menyelam. Coba saja cari di google kata “Gili Lawa”, kamu akan terpesona dengan keindahan lanskapnya. Gili Lawa adalah gerbang menuju Taman Nasional Komodi. Untuk pengalaman paling mengesankan, cobalah sailing trip selama beberapa hari, dengan menginap di atas kapal sambil menyambangi tempat-tempat yang paling indah di provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

Nah sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata laut di Indonesia yang instagenic, tapi sisanya giliran kamu dong yang nambahin. Yukk tulis di kolom komentar di bawah, di mana lagi sih laut yang keren menurut kamu?

Catatan:
Foto di-“embed” dari Flickr dengan “embed script” resmi. Hak Cipta Foto ada pada masing-masing fotografer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *